Dispendik Sosialisasikan Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.1.0

By Admin

nusakini.com--Sejak diluncurkan secara resmi oleh Ditjen PAUD Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 17 Agustus 2017 lalu, hari ini Senin (21/8) Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) langsung sosialisasikan kepada lembaga PAUD dan PPT. 

Kasi Pendidikan Keluarga dan PAUD Dwi Wahyu Novita, S. Psi menerangkan acara sosialisasi Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.1.0 tersebut mengundang para operator dan pemilik lembaga dengan harapan informasi yang disampaikan dapat diaplikasikan secara benar dan tepat sasaran. 

“Kami berharap dengan aplikasi baru tersebut dapat segara diperbaharui oleh lembaga agar data-data baru segera terupdate”, terang Novita. 

Menurutnya, pembaharuan aplikasi Dapodik PAUD tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya data ganda karena sinkronisasi dari dua atau lebih laptop/komputer. Registrasi aplikasi hanya dari satu laptop/komputer saja. Laptop/komputer pertama sebuah lembaga yang diregistrasikan akan dikunci di server. 

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan setelah registrasi aplikasi Dapodik terbaru adalah:Luluskan peserta didik, salin penugasan PTK dari semester lalu agar PTK yang sudah terdaftar pada semester lalu muncul di semester ini, Isi/lanjutkan data periodik peserta didik, input peserta didik baru, membuat rombel, serta mengisi anggota rombel dan pembelajaran. 

“Tanpa adanya dukungan dari semua pihak mulai dari tenaga pendidik, operator, sampai dengan pengelola lembaga program-program pendidikan yang ada di Surabaya tidak mungkin dapat maju dan berkembang seperti sekarang ini”, pungkas Novita. (p/ab)